Yuk Simak Touchscreen Pecah Apakah Harus Ganti LCD ? Ini Penjelasanya

touchscreen pecah apakah harus ganti lcd

Touchscreen hp memang merupakan komponen penting dimana ini berfungsi sebagai layar untuk menavigasi, namun yang jadi pertanyaan ketika touchscreen pecah apakah harus ganti LCD? ini wajar karena beberapa informasi mengatakan tidak perlu dan beberapa lainya mengatakan iya lantas mana yang benar?

touchscreen pecah apakah harus ganti lcd

Touchscreen pecah menjadi salah satu masalah umum yang dihadapi oleh para pengguna perangkat pintar. Saat ini, ketika hampir setiap aspek kehidupan tergantung pada teknologi, kerusakan pada layar sentuh dapat menjadi suaty hal yang menantang dan menyulitkan.

Sebuah perangkat yang mengalami touchscreen pecah tidak hanya mengurangi kenyamanan pengguna, tetapi juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kinerja secara keseluruhan.

Seperti yang kalian ketahui bahwa antara touchscreen dan LCD merupakan komponen yang berbeda dalam arti beda fungsi, kalau touchscreen untuk layar sedangkan LCD menampilkan tampilan visual.

Namun meski berbeda keduanya seringkali dianggap sama ini wajar saja sih, nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai ketika touchscreen pecah apakah harus ganti lcd atau tidak sebenarnya?

Touchscreen Pecah Apakah Harus Ganti LCD

Ketika layar sentuh (touchscreen) pada perangkat kalian pecah, hal itu tidak selalu berarti bahwa LCD juga rusak. Layar sentuh dan LCD adalah dua komponen yang berbeda pada sebagian besar perangkat modern. Jika hanya touchscreen yang pecah, kalian dapat mengganti touchscreen saja tanpa perlu mengganti seluruh LCD.

Secara umum memang begitu, namun untuk seri hp saat ini tidak demikian bahwa antara komponen touchscreen dan LCD itu sudah menjadi satu kesatuan.

Jika touchscreen pecah maka sudah pasti harus ganti LCD juga untuk seri hp saat ini, tentu pihak service juga tidak mau ribet tentang hal itu tetap saja ganti LCD.

Kalau dulu mungkin iya bahwa ketika touchscreen pecah tidak perlu ganti LCD tetapi untuk saat ini tidak demikian karena touchscreen dan LCD sudah menjadi satu pasang, dimana salah satunya bermasalah ya musti ganti keduanya.

Jadi sampai disini sudah paham ya bahwa touchscreen pecah apakah harus ganti LCD ? jawabanya adalah iya musti ganti LCD karena touchscreen dan LCD untuk hp saat ini sudah menjadi satu kesatuan.

Lihat juga: Lebih Baik Ganti LCD Atau Beli Hp Baru ? Ini Penjelasnya Lengkap

Faktor-Faktor Penyebab Touchscreen Pecah

Benturan Fisik

Salah satu penyebab utama adalah benturan fisik. Ketika perangkat terjatuh atau terkena benda keras, layar touchscreen dapat mengalami kerusakan serius.

Tekanan Berlebihan

Menekan layar dengan tekanan yang berlebihan, terutama jika menggunakan benda tumpul atau ujung yang tajam, dapat merusak lapisan luar touchscreen.

Jatuh Gan

Perangkat yang jatuh dari ketinggian dapat menyebabkan kerusakan pada layar, terutama jika bagian depannya langsung terpapar dampak, ini wajar karena kalender apes tidak ada di tanggal.

Suhu Ekstrim

Perubahan suhu yang ekstrim juga dapat mempengaruhi integritas layar touchscreen. Suhu yang sangat tinggi atau rendah dapat menyebabkan keretakan atau bahkan pecah.

Kualitas Bahan

Penggunaan bahan yang kurang berkualitas atau pelindung layar yang tidak memadai dapat membuat layar lebih rentan terhadap kerusakan meski ini jrang banget terjadi.

Lihat juga: Cara Mengetahui Hp Sudah Ganti LCD Berikut Ini Tipsnya Simak Disini

Biaya Ganti LCD

Nah setelah mengetahui penjelasan touchscreen pecah apakah harus ganti LCD dan ternyata harus, penting untuk diingat bahwa biaya penggantian LCD dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Beberapa dari faktor tersebut meliputi:

Kompleksitas Perangkat

Beberapa perangkat memiliki desain yang lebih kompleks, sehingga membutuhkan lebih banyak waktu dan keahlian untuk mengganti LCD.

Merek dan Model

Biaya penggantian juga dapat dipengaruhi oleh merek dan model perangkat. Perangkat dari merek terkenal mungkin memiliki komponen yang lebih mahal.

Garansi

Jika perangkat masih dalam garansi, biaya penggantian LCD mungkin dapat dicakup oleh penyedia layanan atau produsen.

Lokasi Servis

Biaya servis dapat bervariasi berdasarkan lokasi dan reputasi penyedia layanan. Daerah dengan biaya hidup tinggi cenderung memiliki biaya servis yang lebih tinggi.

Namun secara umum menurut pengalamn bahwa biaya ganti LCD umumnya antara Rp. 300ribu sampai Rp. 1Juta lebih tergantung tipe hp kalian apa sih, semakin bagus seri yang dipakai semakin mahal.

Lihat juga: Berapa Lama Lem LCD Kering ? Ini Penjelasanya Lengkap Cari Tahu Disini

Demikian informasi mengenai touchscreen pecah touchscreen pecah apakah harus ganti LCD beserta penjelasan, faktor penyebab pecah dan biaya ketika ganti lengkap semoga bisa bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *