Screenshot Tidak Bisa Menyimpan Di Galeri Hp Realme Beserta Penyebab dan Solusinya

screenshot tidak bisa menyimpan di galeri hp realme

Last Updated on Januari 14, 2024 by Buniayu Gadget

Screenshot tidak bisa menyimpan di galeri hp realme merupakan salah satu masalah yang sebenarnya cukup jarang terjadi sih umumnya kalau screenshot dilakukan ya pasti berhasil dan tersimpan ke galeri. Namun sebagian dari pengguna banyak juga yang mengalami hal tersebut lalu apa sih penyebab dan bagaimana solusinya untuk itu?

screenshot tidak bisa menyimpan di galeri hp realme

Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan screenshot pada perangkat hp semakin menjadi kebutuhan utama dalam berbagai situasi, mulai dari berbagi informasi, menangkap momen penting, hingga membuktikan tampilan layar yang relevan.

Realme, sebagai salah satu merek yang populer di pasaran, menawarkan fitur tangkapan layar yang handal dalam berbagai model di setiap serinya.

Namun, tidak jarang pengguna menghadapi masalah ketika mereka mencoba menyimpan screenshot dan menemukan bahwa gambar tersebut tidak dapat disimpan di galeri perangkat.

Pentingnya kemampuan menyimpan screenshot tidak dapat diabaikan, mengingat gambar yang diambil dari layar hp seringkali memiliki nilai informasi atau kenangan tertentu.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, kita akan membahas penyebab mengapa screenshot tidak dapat disimpan di galeri hp realme dan memberikan solusi-solusi praktis untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Screenshot Tidak Bisa Menyimpan Di Galeri Hp Realme

Nah setelah di cek saya menemukan ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa hal tersebut bisa terjadi, berikut diantaranya:

Kapasitas Penyimpanan Penuh

Salah satu alasan mengapa screenshot tidak bisa menyimpan di galeri hp realme adalah kapasitas penyimpanan yang penuh. Pada beberapa hal, pengguna mungkin tidak menyadari bahwa ruang penyimpanan perangkat mereka hampir habis.

Ketika penyimpanan sudah mencapai batas maksimum, sistem dapat mengalami kesulitan menyimpan file baru, termasuk screenshot.

Kalau masalah ini biasanya sih ada notifikasi khusus tentang kapasitas penyimpanan penuh, jika tidak ada notif ini berarti bukan ini penyebabnya.

Lihat juga: Cara Menampilkan Galeri Di Hp Realme Semua Tipe

Pengaturan Izin Tidak di Aktifkan

Kemudian penyebab lain screenshot tidak bisa menyimpan di galeri hp realme adalah karena faktor izin yang tidak di aktifkan karena beberapa hp realme ataupun oppo ada izin meyimpan screenshot terutama untuk pengguna yang memakai kartu SD.

Pengguna perlu memeriksa pengaturan izin galeri untuk memastikan bahwa galeri memiliki izin untuk menyimpan file di lokasi yang dipilih. Langkah ini dapat memastikan bahwa setiap screenshot yang diambil akan otomatis tersinkron dengan galeri.

Permasalahan Sistem Operasi

Beberapa kendala teknis mungkin terjadi pada sistem operasi perangkat realme meski sebenarnya juga ini jarang terjadi. Permasalahan ini dapat menyebabkan ketidakmampuan sistem menyimpan screenshot dengan benar, seringnya error sementara.

Penting untuk memeriksa apakah perangkat memiliki pembaruan sistem terbaru. Pembaruan ini seringkali mencakup perbaikan bug dan peningkatan performa, termasuk masalah terkait penyimpanan dan galeri.

Lihat juga: Kupas Tuntas! Kenapa Hp Realme Tiba-Tiba Mati Padahal Baterai Masih Banyak Penyebab dan Solusinya

Cara Mengatasi Screenshot Tidak Bisa Menyimpan Di Galeri Hp Realme

Nah setelah mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, berikut adalah beberapa solusi yang bisa kalian terapkan:

Coba Restart Hp Realme

Yang pertama solusi yang bisa dilakukan adalah dengan restart, restart digunakan untuk memulai ulang perangkat siapa tahu sebelumnya ada crash atau error sementara.

Berikut caranya:

  • Tekan dan tahan tombol power hp realme kalian.
  • Kemudian muncul menu daya, silahkan pilih opsi mulai ulang.
  • Tunggu sampai hp realme menyala otomatis.

Pastikan Izin Akses Diaktifkan

Kemudian solusi lainya adalah dengan memastikan izin akses screenshot untuk hp realme di berikan. Pada hp realme terutama untuk pengguna yang menggunakan kartu SD memerlukan izin akses screenshot agar bisa tersimpan.

Jika izin ini tidak di aktifkan maka ya tentu screenshot tidak bisa tersimpan ke kartu SD, berikut caranya:

  • Buka pengaturan hp realme kalian.
  • Kemudian lanjut pilih menu Penyimpanan.
  • Lalu gulir kebawah dan pilih Kartu SD.
  • Setelah itu aktifkan opsi Cuplikan layar.

Nah setelah aktif sekarang cobalah untuk screenshot maka pasti screenshot akan berhasil dan bisa tersimpan ke galeri hp realme kalian.

Lihat juga: Cara Mematikan Sensor Layar Mati Saat Telepon Realme Semua Tipe

Bersihkan Penyimpanan Internal

Nah yang terakhir solusi screenshot tidak bisa menyimpan di galeri hp realme adalah dengan membersihkan kapasitas penyimpanan internal hp realme kalian.

Ini dilakukan jika di bar notif muncul penyimpanan penuh, jika tidak ada notif ya tidak perlu karena pasti masalahnya bukan di kapasitas penyimpanan.

Silahkan hapus aplikasi yang tidak digunakan, kemudian periksa foto dan file yang memang sudah tidak penting atau terpakai agar notif penyimpanan penuh hilang.

Demikian informasi mengenai screenshot tidak bisa menyimpan di galeri hp realme beserta berbagai penyebab dan solusi untuk mengatasinya yang bisa dilakukan, semoga bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *