Inilah Rahasia Penyebab Casing Belakang Hp Terbuka Sendiri dan Tips Mengatasinya

penyebab casing belakang hp terbuka sendiri

Nah masalah casing belakang lepas sendiri sebenarnya adalah hal yang cukup jarang terjadi jika tanpa alasan yang jelas bukan begitu? namun beberapa pengguna mengalami hal tersebut. Lantas apa sih penyebab casing belakang hp terbuka sendiri ko bisa seperti itu?

penyebab casing belakang hp terbuka sendiri

Casing belakang adalah bagian penting dari struktur keseluruhan perangkat. Selain memberikan perlindungan bagi komponen internal, casing juga memiliki peran estetika yang tidak bisa diabaikan. Namun, ketika casing belakang tiba-tiba terbuka sendiri, ini dapat menimbulkan banyak kekhawatiran bagi pemiliknya.

Pada awalnya, mungkin terlihat seperti masalah kecil yang hanya mempengaruhi penampilan perangkat, tetapi sebenarnya bisa menjadi tanda adanya masalah yang lebih dalam.

Sering kali, casing yang terbuka secara otomatis adalah hasil dari beberapa faktor yang beroperasi bersamaan, mulai dari suhu yang tinggi hingga kerusakan fisik.

Penting bagi kita untuk memahami penyebab casing belakang hp terbuka sendiri agar kita dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat. Dengan demikian, kita dapat melindungi perangkat kita dari kerusakan lebih lanjut dan memastikan kinerja yang optimal.

Penyebab Casing Belakang Hp Terbuka Sendiri

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan mengapa hal tersebut terjadi, berikut diantaranya:

Suhu Hp yang Tinggi

Suhu yang tinggi dapat mempengaruhi struktur fisik dari perangkat, termasuk casing belakang. Ketika hp yang kalian gunakan secara berlebihan atau melakukan multitasking yang berat, dapat menyebabkan perangkat menjadi panas.

Overcharging, yang terjadi saat perangkat terus diisi daya setelah mencapai 100%, juga dapat menyebabkan peningkatan suhu yang berlebihan.

Kerusakan Fisik

Kemudian faktor lain penyebab casing belakang hp terbuka sendiri adalah masalah kerusakan fisik, hp rentan terhadap kerusakan fisik, terutama saat jatuh atau terbentur keras.

Benturan tersebut dapat menyebabkan casing belakang longgar atau rusak, sehingga menyebabkan casing terbuka dengan sendirinya. Komponen internal yang longgar atau rusak juga dapat mempengaruhi kestabilan casing.

Faktor Kualitas Casing

Kualitas casing yang buruk juga dapat menjadi penyebab casing belakang hp terbuka sendiri. Bahan casing yang tidak berkualitas atau sudah aus seiring waktu dapat menyebabkan kelemahan struktural.

Pemasangan casing yang tidak tepat atau longgar juga dapat membuatnya mudah terbuka. Biasanya ini terjadi jika kalian sudah pernah mengganti casing belakang.

Lihat juga: Ternyata Ini 4 Penyebab Layar Hp Kuning Setelah Di Lem dan Solusinya

Kesalahan Pemasangan

Nah kemudian faktor lainya adalah kesalahan pemasangan casing belakang saat perakitan awal. Ini bisa terjadi karena kesalahan manusia di garis perakitan pabrik atau masalah dalam proses produksi.

Jika komponen tidak terpasang dengan benar, casing bisa terbuka sendiri karena tidak ada pegangan yang kokoh. Meski tidak selalu begitu pemasangan saat penggantian casing juga bisa menyebabkan hal yang sama.

Komponen yang Tidak Pas

Banyak hp memiliki komponen internal yang harus dipasang dengan presisi. Jika salah satu komponen tidak terpasang dengan benar atau tidak cocok dengan casing, tekanan yang tidak merata bisa membuat casing terbuka dengan sendirinya.

Karena memang ada beberapa hp yang mungkin faktor produksi dimana seperti casing itu tidak mau pas sehingga perlu tindakan lebih lanjut.

Keausan dan Umur Pakai

Lama penggunaan dan penggunaan yang intensif bisa membuat pegangan casing menjadi lemah atau rusak. Gesekan atau tekanan berulang dari tangan pengguna atau gesekan dengan permukaan lain bisa membuat casing belakang longgar dan akhirnya bisa menjadi penyebab casing belakang hp terbuka sendiri.

Lihat juga: Inilah 5 Penyebab Kenapa Chipset MediaTek Cepat Panas dan Penjelasanya

Tips Mengatasi Casing Belakang Hp Terbuka Sendiri

Nah setelah tahu apa saja faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk mengatasinya:

Periksa Kembali Pemasangan

Pastikan casing belakang terpasang dengan benar. Lepaskan casing dan pasang kembali dengan hati-hati, memastikan semua pegangan dan kunci casing terkunci dengan rapat. Pastikan tidak ada bagian yang terjepit atau terhalang.

Cara ini dilakukan jika memang masih memungkinkan untuk dipasang, namun jika sudah menerapkan langkah ini tetap saja casing seperti susah di pasang maka jangan dipaksa.

Lihat juga: 4 Penyebab Saat Menelpon Tidak Ada Suara Tut Tut Tut dan Solusi Mengatasinya

Periksa Komponen Internal

Lalu tips lainya cobalah cek apakah semua komponen internal hp kalian terpasang dengan benar dan tidak menyebabkan tekanan tidak merata pada casing.

Jika ada komponen yang tidak pas atau menyebabkan casing belakang terbuka, pastikan untuk menyesuaikannya dengan benar atau ganti dengan yang baru jika diperlukan.

Terutama untuk baterai pastikan tidak mengalami mengglembung karena baterai yang embesar atau glembung akan menyebabkan casing belakang lepas atau terangkat susah di pasang.

Service

Yang terakhir solusi untuk mengatasinya adalah dengan membawanya untuk di service, jika memang tidak memungkinkan untuk di pasang sendiri maka segeralah bawa ke konter perbaikan.

Di konter perbaikan teknisi akan membantu mengatasinya dengan melakukan lem, nah jika memang masih dalam masa garansi kalian bisa membawa ke service center merk hp kalian masing-masing.

Jika masih garansi biasanya kalian akan dikenanakan bebas biaya terutama jika masalah tersebut karena faktor bawaan dari hp bukan kesalahan dari pengguna.

Lihat juga: 7 Penyebab Konektor Hp Rusak Beserta Tips Merawatnya Agar Awet

Demikian informasi tentang penyebab casing belakang hp terbuka sendiri beserta berbagai tips cara mengatasinya yang bisa diterapkan, semoga bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *