Inilah 5 Penyebab Kenapa Chipset MediaTek Cepat Panas dan Penjelasanya

kenapa chipset mediatek cepat panas

Last Updated on Februari 26, 2024 by Buniayu Gadget

Beberapa pengguna masih banyak yang menganggap bahwa chipset mediatek itu lebih cepat panas ketimbang chipset yang lainya meski sebenarnya kurang tepat. Ini wajar karena memang dari dulu kita sudah dikenalkan dengan berbagai macam chipset dan seringkali chipset mediatek dianggap dibawah snapdragon, lalu kenapa chipset mediatek cepat panas ?

kenapa chipset mediatek cepat panas

Perkembangan pesat teknologi dalam industri perangkat elektronik, terutama smartphone, tidak lepas dari peran penting chipset. Chipset, atau sering disebut sebagai System on a Chip (SoC), adalah inti utama yang mengontrol berbagai fungsi dalam perangkat elektronik, mulai dari pemrosesan data hingga pengelolaan koneksi nirkabel. Salah satu produsen chipset yang cukup dikenal adalah mediatek.

Mediatek, sebagai perusahaan semikonduktor asal Taiwan, telah memainkan peran signifikan dalam menyediakan chipset untuk berbagai perangkat, termasuk smartphone dengan harga yang lebih terjangkau.

Meski mediatek telah berhasil menciptakan chipset dengan performa yang memadai, beberapa pengguna seringkali mengalami masalah panas berlebih pada perangkat yang menggunakan chipset ini.

Pada artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai penyebab utama mengapa chipset mediatek cenderung cepat panas menurut anggapan sebagian pengguna.

Kenapa Chipset MediaTek Cepat Panas

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan chipset mediatek cenderung cepat panas antara lain:

Desain Arsitektur

Mediatek seringkali menggunakan proses fabrikasi yang lebih besar dibandingkan beberapa pesaingnya. Proses fabrikasi yang lebih besar dapat menghasilkan panas lebih banyak karena area yang digunakan untuk mengintegrasikan komponen semikonduktor lebih besar.

Selain itu mediatek sering kali mengintegrasikan banyak komponen dalam satu chipset, seperti modem, prosesor grafis (GPU), dan unit pemrosesan sentral (CPU). Meskipun ini memudahkan desain perangkat, integrasi komponen yang lebih banyak dalam satu chipset dapat meningkatkan tingkat panas yang dihasilkan.

Konsumsi Daya yang Tinggi

Mediatek cenderung menawarkan chipset dengan kinerja yang tinggi dalam rentang harga yang lebih terjangkau. Namun, kinerja yang tinggi seringkali diimbangi dengan konsumsi daya yang lebih besar, yang dapat menjadi faktor penyebab kenapa chipset mediatek cepat panas.

Modem dan komponen lain yang terintegrasi dalam chipset mediatek juga dapat membutuhkan daya yang signifikan. Penggunaan daya yang tinggi pada komponen-komponen ini dapat menyebabkan peningkatan suhu pada chipset secara keseluruhan.

Lihat juga: Penyebab IC Sinyal Rusak di Hp dan Beragam Gejala yang Menandainya

Faktor Desain Hp

Desain fisik hp memiliki peran penting dalam penentuan efisiensi sistem pendingin. Hp yang sangat tipis mungkin memiliki keterbatasan dalam kapasitas untuk menyematkan pendingin yang cukup besar atau sistem perpipaan yang efektif. Selain itu, bahan casing yang kurang konduktif dapat menghambat transfer panas keluar dari perangkat.

Penempatan komponen, terutama chipset, di dalam hp juga memainkan peran penting. Jika chipset ditempatkan di dekat komponen lain yang menghasilkan panas, seperti baterai atau modul kamera, ini dapat menyebabkan penumpukan panas yang lebih tinggi.

Pengaruh Lingkungan pada Sistem Pendingin

Kurangnya sirkulasi udara yang baik di sekitar chipset dapat menghambat proses pendinginan. Sirkulasi udara yang terbatas dapat mengakibatkan penumpukan panas di sekitar chipset, meningkatkan suhu secara keseluruhan ini dapat menyebabkan kenapa chipset mediatek cepat panas.

Lihat juga: Cara Memperbaiki IC Power Tanpa Ganti Begini Penjelasanya Simak

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Berat

Nah yang terakhir faktor kenapa chipset mediatek cepat panas adalah karena faktor pengaruh penggunaan aplikasi berat. Aplikasi yang membutuhkan pemrosesan grafis tinggi, seperti game 3D atau aplikasi desain grafis, dapat meningkatkan beban kerja pada GPU. GPU yang bekerja keras akan menghasilkan panas lebih banyak, memberikan tekanan tambahan pada sistem pendingin.

Streaming video dengan resolusi tinggi atau pemutaran video berkualitas tinggi dapat menyebabkan pemrosesan yang intensif pada chipset. Ini tidak hanya memengaruhi suhu chipset, tetapi juga dapat mempengaruhi konsumsi daya secara signifikan.

Bermain game berat dengan grafis tinggi dan efek khusus dapat menempatkan beban yang tinggi pada CPU dan GPU. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan suhu chipset secara keseluruhan, terutama jika sistem pendingin tidak mampu mengatasi pekerjaan berat tersebut.

Lama penggunaan dalam sesi bermain game yang panjang juga dapat menyebabkan kenapa chipset mediatek cepat panas. Ketika suhu chipset terus meningkat tanpa istirahat yang cukup, kinerja perangkat dapat terpengaruh.

Lihat juga: 4 Resiko Ganti eMMC Cek Sebelum Melakukan Penggantian

Apakah prosesor MediaTek cepat panas?

Perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya tidak semua chipset mediatek itu cepat panas, karena performa termal sebuah chipset dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk desain perangkat, proses fabrikasi, dan implementasi pendinginan oleh produsen perangkat.

Bahkan chipset snapdragon dan exynos ataupun yang juga sama cepat panas juga tergantung bagaimana kalian menggunakan hp tersebut sih.

Seiring perkembangan teknologi, mediatek telah terus meningkatkan desain dan efisiensi termal chipset mereka. Chipset terbaru dari mediatek biasanya dirancang dengan fokus pada efisiensi energi dan manajemen suhu untuk mengoptimalkan kinerja tanpa meningkatkan suhu secara berlebihan.

Namun, perlu di ingat bahwa masing-masing model chipset mediatek mungkin memiliki karakteristik termal yang berbeda. Oleh karena itu, saat memilih perangkat, sebaiknya kalian mempertimbangkan ulasan spesifik perangkat tersebut untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang kinerja termalnya.

Demikian informasi tentang kenapa chipset mediatek cepat panas beserta berbagai faktor penyebab dan penjelasanya terkait chipset mediatek tersebut, semoga bermanfaat terima kasih.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *