Simak! Cara Memperbaiki Touchscreen Dengan Korek Beserta Penjelasanya Yang Tepat

cara memperbaiki touchscreen dengan korek

Last Updated on Januari 20, 2024 by Buniayu Gadget

Nah sebagian dari kalian mungkin pernah lah mendengar atau melihat bahwa pengguna lain memperbaiki touchscreen hp itu dengan memakai korek api atau menggunakan bagian pemantiknya. Namun apakah cara memperbaiki touchscreen dengan korek itu benar bisa dilakukan atau tidak sih?

cara memperbaiki touchscreen dengan korek

Masalah pada touchscreen seringkali menjadi kendala yang mengganggu pengalaman pengguna smartphone. Ketidakresponsifnya layar dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kotoran, debu, atau masalah kelembaban.

Sebelum membawa smartphone ke layanan teknis profesional, ada beberapa langkah sederhana yang dapat dicoba untuk memperbaiki masalah tersebut.

Nah pada artikel berikut ini kita akan membahas mengenai langkah-langkah untuk memperbaiki masalah touchscreen pada smartphone menggunakan benda sehari-hari yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya, yaitu korek api.

Metode ini dianggap sebagai alternatif yang dapat dicoba sebelum memutuskan untuk memperbaiki secara profesional atau mengganti layar touchscreen.

Untuk korek disini kita memakai korek yang ada senternya biasanya atau yang memiliki pemantik, jadi korek yang dipakai tidak sembarangan korek.

Cara Memperbaiki Touchscreen Dengan Korek

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki touchscreen dengan korek atau pemantik korek:

  • Langkah pertama siapkan pemantik korek terlebih dahulu.
  • Jika sudah kemudian siapkan hp yang mengalami touchscreen bermasalah seperti tidak responsif atau bahkan tidak bisa disentuh.
  • Lalu ambil pemantik korek dan silahkan arahkan ke touchscreen dan mulai menceklek pemantiknya.
  • Maka akan bunyik ceklek ceklek setiap kali kalian menekan pemantiknya.
  • Arahkan ke bagian touchscreen yang mungkin tidask responsif atau tidak bisa disebtuh di bagian tertentu.
  • Lakukan dengan hati-hati jangan sampai menggores layar.

Nah setelah dilakukan caranya tersebut sekarang untuk coba touchscreen tersebut apakah sudah bisa normal atau semakin responsif atau belum, lakukan beberapa kali sampai dirasa cukup.

Lihat juga: Cara Restart HP Touchscreen Yang Tidak Bisa Disentuh Pakai 3 Tips

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

Perlu kalian ketahui bahwa cara memperbaiki touchscreen dengan korek tidak bisa dilakukan untuk semua permasalahan touchscreen tergantung penyebabnya.

Jadi tidak asal menggunakanya, cara diatas biasanya hanya efektif jika memang layar tidak responsif karena faktor bawaan seperti tiba-tiba atau seiring penggunaan, jadi bukan karena rusak layarnya.

Jika faktor penyebabnya awalnya misal akibat memang rusak seperti jatuh, terkena air dan sebagainya maka percuma mau kau pantik seribukali juga tidak akan berhasil.

Jadi contoh touchscreen bermasalah akibat jatuh misal ada komponen yang rusak, nah tentu solusinya dengan ganti layar bukan dengan korek seperti diatas, jika menerapkan cara diatas tentu akan percuma.

Lihat juga: Yuk Simak Touchscreen Pecah Apakah Harus Ganti LCD ? Ini Penjelasanya

Saran saya jika touchscreen masih tidak responsif atau memiliki masalah lainnya, pertimbangkan untuk membawa perangkat ke pusat layanan teknis atau konter perbaikan, dengan membawanya ke service center atau konter perbaikan maka akan dicek dan teknisi akan memberikan solusi yang bisa dilakukan seperti penggantian LCD misalnya.

Lihat juga: Cara Mengatasi Touchscreen Ngangkat Dengan 4 Langkah Ampuh dan Mudah

Demikian informasi tentang cara memperbaiki touchscreen dengan korek beserta penjelasanya yang bisa kalian lakukan, semoga bisa bermanfaat terima kasih.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *