Ketahui Baterai iPhone Cepat Habis Padahal Masih Baru Ini Biang Penyebabnya

baterai iphone cepat habis padahal masih baru

Umumnya baterai cepat habis itu ketika hp digunakan sudah cukup lama sehingga baterai mengalami penurunan peformanya, namun bagaimana jika hp tergolong cukup baru namun baterai cepat habis? Nah baterai iPhone cepat habis padahal masih baru menimbulkan pertanyaan tersendiri dan kekhawatiran bagi pengguna.

baterai iphone cepat habis padahal masih baru

Baterai merupakan komponen esensial dalam smartphone yang berfungsi sebagai sumber tenaga untuk menjalankan semua fitur dan aplikasi di dalamnya.

Dalam era digital saat ini, perangkat seperti iPhone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari banyak orang, memudahkan berbagai aktivitas mulai dari komunikasi, hiburan, hingga pekerjaan.

Namun, banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan masalah daya tahan baterai yang kurang memuaskan, bahkan pada perangkat yang masih relatif baru. Masalah baterai cepat habis menjadi salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh pengguna smartphone, termasuk iPhone.

Umur baterai yang cepat habis bukan hanya mengganggu, tetapi juga dapat menghambat produktivitas dan aktivitas sehari-hari. Selain itu, penggantian baterai yang sering juga dapat menambah biaya tambahan bagi pengguna.

Nah dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai berbagai faktor yang mempengaruhi umur baterai iPhone, baik yang baru maupun yang sudah lama digunakan.

Penyebab Baterai iPhone Cepat Habis Padahal Masih Baru

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi umur baterai iPhone, baik yang baru maupun yang sudah lama digunakan. Berikut adalah beberapa faktor tersebut:

Umur Baterai dan Siklus Pengisian

Salah satu faktor utama yang perlu dipahami mengenai baterai smartphone, termasuk iPhone, adalah konsep umur baterai dan siklus pengisian.

Umur baterai mengacu pada masa berapa lama baterai dapat mempertahankan kapasitas maksimalnya sebelum mengalami penurunan performa. Setiap baterai memiliki siklus pengisian, yaitu jumlah kali baterai dapat diisi ulang dari 0% hingga 100%.

Sebagai contoh, sebuah iPhone biasanya memiliki siklus pengisian sekitar 500 hingga 1000 kali sebelum kapasitas baterai mulai menurun.

Artinya, setelah kalian mengisi ulang baterai iPhone sebanyak 500 hingga 1000 kali, kalian mungkin akan melihat bahwa baterai mulai cepat habis atau tidak bertahan lama seperti saat baru dibeli.

Namun, penting untuk diingat bahwa bukan hanya jumlah siklus pengisian yang mempengaruhi umur baterai. Cara pengisian yang benar juga sangat berpengaruh terhadap masa pakai baterai. Pengisian yang terlalu cepat atau penggunaan charger yang tidak sesuai dapat mempercepat penurunan kualitas baterai.

Penggunaan Aplikasi Berat dan Fitur

Salah satu aspek yang seringkali terlupakan namun memiliki pengaruh besar terhadap konsumsi baterai iPhone dan seringkali menyebabkan baterai iPhone cepat habis padahal masih baru adalah penggunaan aplikasi dan fitur di dalamnya.

Beberapa aplikasi dan fitur pada iPhone membutuhkan lebih banyak energi baterai dibandingkan yang lain. Oleh karena itu, memahami bagaimana aplikasi dan fitur ini bekerja dapat membantu kalian mengoptimalkan penggunaan baterai iPhone kalian.

Beberapa aplikasi, terutama yang memerlukan akses data dan GPS seperti aplikasi navigasi atau media sosial, dapat mengonsumsi baterai dengan cepat.

Selain itu, aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa kalian sadari juga dapat mempengaruhi daya tahan baterai. Oleh karena itu, pastikan untuk menutup aplikasi yang tidak sedang digunakan dan membatasi penggunaan aplikasi yang memerlukan banyak sumber daya.

Fitur-fitur seperti, Bluetooth, dan layar dengan kecerahan tinggi juga dapat menjadi penyebab konsumsi baterai yang cepat. Meskipun fitur-fitur ini sangat berguna, namun jika tidak diperlukan, sebaiknya matikan untuk menghemat baterai. Kalian dapat mengaktifkan fitur ini hanya ketika benar-benar dibutuhkan.

Lihat juga: Apakah Baterai Tanam Bisa Kembung ? Ini Penjelasan dan Tips Mencegahnya

Suhu Lingkungan

Faktor lain yang seringkali diabaikan namun memiliki dampak signifikan dan menjadi penyebab baterai iPhone cepat habis padahal masih baru adalah suhu lingkungan.

Suhu yang ekstrem, baik terlalu panas maupun terlalu dingin, dapat mempengaruhi kemampuan baterai untuk menyimpan dan mengalirkan energi.

Paparan suhu panas yang berlebihan dapat menyebabkan baterai menjadi overheat, yang pada akhirnya dapat merusak sel baterai dan mengurangi umur baterai secara keseluruhan.

Saat baterai overheat, kalian mungkin akan melihat penurunan cepat pada indikator baterai atau bahkan perangkat iPhone kalian bisa mati mendadak.

Sinyal Jaringan yang Lemah

Sinyal jaringan yang lemah seringkali menjadi masalah yang sering dihadapi oleh banyak pengguna smartphone, termasuk pengguna iPhone.

Meskipun terlihat sepele, sinyal jaringan yang tidak stabil atau lemah dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap daya tahan baterai iPhone.

Ketika iPhone berada dalam kondisi sinyal jaringan yang lemah, perangkat akan bekerja lebih keras dalam upaya untuk menangkap sinyal yang kuat.

Proses ini memerlukan lebih banyak energi, yang pada akhirnya akan menguras baterai lebih cepat. Selain itu, sinyal jaringan yang lemah juga dapat menyebabkan pemanasan berlebihan pada baterai, yang dapat mempercepat kerusakan dan penurunan kapasitas baterai.

Lihat juga: Waspada Kenapa iPhone Panas Padahal Tidak Digunakan ? Ini 8 Penyebab dan Pencegahannya

Perlu Pembaruan Perangkat Lunak

Pembaruan perangkat lunak atau software merupakan hal yang penting untuk menjaga performa dan kinerja baterai iPhone kalian. Apple secara rutin merilis update iOS yang tidak hanya membawa fitur baru, tetapi juga perbaikan bug, keamanan, dan optimalisasi yang dapat mempengaruhi kinerja baterai.

Tips Mengatasi Baterai iPhone Cepat Habis Padahal Masih Baru

Nah setelah tahu ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, berikut beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk mengatasinya:

Mengoptimalkan Pengaturan iPhone

Mengoptimalkan pengaturan iPhone adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan daya tahan baterai iPhone kalian. Dengan melakukan beberapa penyesuaian pada pengaturan iPhone, kalian dapat mengurangi konsumsi energi dan memperpanjang masa pakai baterai. Berikut ini beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk mengoptimalkan pengaturan ponsel.

  • Pengaturan Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang terlalu tinggi dapat mengonsumsi banyak daya baterai. Untuk menghemat daya, Anda bisa menyesuaikan kecerahan layar agar tidak terlalu terang.

Aktifkan mode otomatis kecerahan di Pengaturan > Layar & Kecerahan, agar kecerahan layar disesuaikan secara otomatis dengan kondisi cahaya di sekitar kalian.

  • Menutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang dapat mempengaruhi daya tahan baterai. Pastikan untuk menutup aplikasi yang tidak sedang kalian gunakan.

Untuk menutup aplikasi, geser jari dari bawah layar ke atas, lalu geser aplikasi yang ingin ditutup ke atas untuk menutupnya.

  • Menonaktifkan Fitur yang Tidak Diperlukan

Fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan Lokasi dapat mengonsumsi daya baterai meskipun kalian tidak menggunakannya. Matikan fitur-fitur ini saat tidak diperlukan.

Matikan Bluetooth, Wi-Fi, dan Lokasi melalui Pengaturan atau dengan menggeser kontrol cepat dari bagian atas atau bawah layar.

  • Pengaturan Push Email

Penerimaan notifikasi email secara otomatis (Push) dapat mengonsumsi daya baterai. Kalian bisa mengubah pengaturan sinkronisasi email menjadi manual atau menyesuaikan interval sinkronisasi.

Ubah pengaturan email ke manual atau pilih interval sinkronisasi yang lebih jarang di Pengaturan > Mail > Akun > Sinkronisasi Data.

Lihat juga: BH iPhone Yang Bagus Berapa Sih? Ini Penjelasanya

Menggunakan Mode Hemat Daya

Mode hemat daya adalah salah satu fitur yang disediakan oleh iPhone untuk membantu pengguna memperpanjang masa pakai baterai saat baterai mulai menipis. Fitur ini mengurangi beberapa aktivitas dan proses di latar belakang yang tidak penting untuk memaksimalkan penggunaan daya.

Kalian dapat mengaktifkan mode hemat daya melalui pengaturan iPhone kalian dengan mudah.

  • Buka Pengaturan di iPhone kalian.
  • Pilih Baterai.
  • Aktifkan Mode Hemat Daya.

Setelah Mode Hemat Energi diaktifkan, beberapa fitur non-essential akan dinonaktifkan secara otomatis untuk menghemat daya baterai.

Menjaga Kondisi Fisik Baterai

Kondisi fisik baterai sangat mempengaruhi kinerja dan daya tahan baterai iPhone kalian. Merawat baterai dengan benar dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai dan menjaga kualitas performanya.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kondisi fisik baterai iPhone kalian agar tetap optimal.

Mengisi daya baterai lebih dari 100% atau melebihi waktu pengisian yang disarankan dapat merusak sel-sel baterai dan memperpendek umur baterai.

  • Pengisian yang Tepat

Usahakan untuk mengisi daya baterai hingga sekitar 80-90% dan jangan biarkan terlalu lama setelah mencapai 100%.

  • Gunakan Charger Asli

Gunakan charger asli atau charger yang direkomendasikan oleh pabrikan untuk memastikan pengisian baterai yang aman dan efisien.

Hindari Depleted Battery

Menggunakan baterai sampai benar-benar kosong atau terlalu sering mengosongkannya dapat merusak sel-sel baterai.

  • Hindari Penggunaan Saat Baterai Sangat Rendah

Jangan biarkan baterai kalian kosong hingga benar-benar habis. Usahakan untuk mengisi daya baterai sebelum mencapai level yang sangat rendah.

  • Matikan Ponsel Jika Tidak Digunakan dalam Waktu Lama

Jika kalian tidak akan menggunakan iPhone untuk waktu yang lama, pastikan untuk mengecas baterai hingga sekitar 50% dan matikan ponsel untuk menjaga kondisi baterai.

Lihat juga: Harga Service IC Baseband iPhone 7 Beserta Penjelasan dan Faktor Mempengaruhinya

Memperbarui Sistem Operasi

Memperbarui sistem operasi (iOS) di iPhone adalah salah satu langkah penting yang harus dilakukan untuk memastikan ponsel kalian tetap berfungsi dengan optimal.

Selain mendapatkan fitur baru, pembaruan sistem operasi juga sering kali mengandung perbaikan bug, peningkatan keamanan, dan optimasi performa yang dapat membantu meningkatkan daya tahan baterai.

Untuk memperbarui sistem operasi iPhone kalian, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan di iPhone kalian.
  • Pilih Umum.
  • Pilih Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Jika ada pembaruan tersedia, tekan Unduh dan Instal.

Service

Yang terakhir jika masih mengalami baterai iPhone cepat habis padahal masih baru maka solusinya bisa membawanya service ke apple service center resmi.

Kemungkinan ada masalah di iPhone yang kalian gunakan misal ada kerusakan komponen atau memang baterai iPhone yang bermasalah perlu pengecekan lebih lanjut.

Demikian informasi tentang baterai iPhone cepat habis padahal masih baru beserta berbagai faktor penyebab dan solusi mengatasinya, semoga bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *